Goenawan Mohamad Luncurkan Dua Buku


Oleh Mochamad Januar Rizki


Goenawan Mohamad, sastrawan dan penulis esai luncurkan dua buku terbarunya berjudul “Puisi dan Antipuisi” dan “Di sekitar Sajak” dalam acara “Sebuah Hari untuk Goenawan Mohamad” di Teater Salihara pada Rabu (3/8).
Menurut rilis Komunitas Salihara buku berjudul “Puisi dan Antipuisi” merupakan sebuah rangkaian esai tentang puisi yang membebaskan diri dari ke-berarti-an dan sikap prosa yang justru menekankan hal tersebut.
Buku satu lagi yang diluncurkan berjudul “Di sekitar Sajak” isinya membahas puisi sebagai bentuk maupun sebagai karya. Menurut Nirwan Dewanto, GM telah melepaskan diri dalam puisinya sehingga buku ini harus
dibaca untuk memudahkan pembaca.
Sebelumnya GM, sapaan Goenawan Mohamad, telah meluncurkan tiga buku lainnya pada Mei lalu. Peluncuran buku ini bertepatan dengan ulang tahun GM yang berumur 70 tahun pada Juli lalu. Rencananya Ia akan meluncurkan 12 buku pada tahun ini.
Acara ini diawali Nirwan Dewanto kritikus sastra untuk mengupas puisi-puisi GM. Menurut Nirwan karya-karya GM memiliki kerumpangaan yang membuat pembaca seakan-akan mengalir ketika membaca di setiap katanya.
Acara ditutup oleh GM dengan membaca salah satu sajaknya yang berjudul “15 Tahun lagi” dan penandatanganan buku.

Minggu, 07 Agustus 2011

Posting Komentar